Sabtu, 30 Agustus 2008

Tak Pernah Ada Demokrasi di AS

Penulis esei asal AS, Gore Vidal mengatakan, klaim AS bahwa mereka sedang menerapkan demokrasi untuk membuat dunia lebih aman, cuma omong kosong belaka. Karena di AS sendiri, kata Vidal, tidak ada demokrasi.

Dalam wawancara dengan televisi Iran Press TV, Vidal menyatakan bahwa AS tidak pernah punya demokrasi dan kata demokrasi tidak pernah digunakan dalam konsitusi, Bill of Rights maupun dalam Deklarasi Kemerdekaan Negeri Paman Sam itu.

Menurut Vidal, Amerika sebenarnya sudah jatuh ke sekumpulan orang yang hanya hanya peduli untuk menjadi yang paling dominan di dunia dan mendapatkan uang dari pajak-pajak yang dibayarkan oleh rakyat AS, dengan cara mengobarkan perang.

Penulis esei yang cukup disegani di AS itu menilai, konvensi nasional Partai Demokrat sebenarnya simbol dari jatuhnya sebuah imperium yang dibalut oleh kampanye-kampanye, yang tidal lebih sebagai hiburan mahal belaka. AS sekarang ini, kata Vidal, terlibat dalam berbagai peperangan yang berlebihan dan tidak punya anggaran lagi untuk membiayai perang-perang itu.

Vidal juga mengatakan, AS kemungkinan besar akan terlibat perang baru dengan Iran, jika yang terpilih menjadi presiden AS adalah John McCain, orang yang oleh Vidal disebut sebagai orang yang memang menginginkan perang itu terjadi. 

Tidak ada komentar: